Pecahkan Rekor Doohan, Kejar Rekor Lainnya

Jakarta – Kemenangan Valentino Rossi di MotoGP Malaysia mengantarnya memecahkan rekor legenda MotoGP, Michael Doohan. Dalam hal apa? Lantas, rekor apalagi yang masih dikejar Rossi?

Rossi finis terdepan setelah melahap 21 lap balapan di Sirkuit Sepang, Minggu (19/10/2008). Pembalap Yamaha itu seperti tak tersentuh dan menyisakan peringkat dua dan tiga bagi Dani Pedrosa serta Andrea Dovizioso.

Kemenangan ini adalah kemenangan kelima Rossi di kelas premier GP Motor Malaysia, sekaligus yang keenam dicatatkannya di GP Malaysia. Rossi menang sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 500cc dan sisanya di kelas MotoGP.

Selain tahun ini, Rossi menang pada tahun 1997 (125cc) 2001, 2003, 2004 dan 2006. Sementara Doohan lima kali menang di Malaysia pada tahun 1992, 1994, 1995, 1997 dan 1998, kesemuanya dilakukan dengan menunggangi motor Honda di kelas 500cc.

Doohan memenangi empat gelar di Sirkuit Shah Alam dan satu sisanya di Sirkuit Johor. Kemenangan Rossi di kelas 125cc tahun 1997 diraih di Shah Alam, sementara lima kemenangan lainnya dicatat di Sepang, yang mulai dipakai sebagai tuan rumah GP Malaysia semenjak tahun 1999.

Podium teratas di MotoGP Malaysia tahun ini sekaligus membuat koleksi angka Rossi di klasemen bertambah 25 poin menjadi 357 angka. Dengan satu seri tersisa, Rossi mencoba memecahkan rekor poin terbanyak dalam semusim.

Rekor yang masih harus dipecahkan Rossi di Valencia pekan depan itu tercatat atas namanya sendiri. Rekor poin terbanyak dalam semusim adalah 367 poin yang dicatat The Doctor ketika merebut titel jawara dunia tahun 2005.

Artinya, Rossi memerlukan 11 poin lagi untuk memecahkan rekor tersebut. Dengan konsistensi dan rasa lapar gelar yang ditunjukkan pembalap Italia itu –meski sudah memastikan jadi juara dunia– rasanya tak sulit untuk memecahkan rekor itu. Rossi hanya butuh finis di posisi kelima di Valencia nanti.

~ oleh apbssolid pada Oktober 20, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: