Jurus Jitu Merawat Ban Motor

Si karet bundar yang terus berputar selama kita berkendara itu ternyata membutuhkan perawatan agar tetap awet. Tak gampang bocor, pecah ataupun aus karena gesekan dengan jalan.

Kita cek tips berikut ini:

1. Tak mau kalah dari ban mobil, tekanan ban motor pun harus diperhatikan. Baca buku manual petunjuk tekanan ban Anda dengan seksama. Hal ini sangatlah penting dan jangan sampai terlewatkan. Retaknya ban luar bisa saja dikarenakan tekanan ban yang tak seimbang. Tekanan yang tak sesuai juga bisa menyebabkan terlepasnya lapisan ban karena panas dan telapak ban aus dengan tidak merata.

2. Pilihlah jalan yang paling nyaman untuk motor Anda. Pada umumnya permukaan jalan dibuat agak cembung sehingga pada saat turun hujan air tak menggenang. Hal ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika jalan tak menjadi becek karena genangan air, ya Anda harus merelakan ban motor Anda terkikis sedikit demi sedikit.

3. Perhatikan cara pengereman Anda. Pengereman yang semena-mena bisa mempercepat usia ban motor Anda terlebih lagi jika Anda melakukan pengereman mendadak saat dalam kecepatan tinggi. Cobalah untuk bergantian saat menggunakan rem depan dan rem belakang. Ban yang paling sering di rem kemungkinan pendek umurnya lebih cepat.

4. Jangan lupa untuk mengecek velg dan shock absorber motor Anda. Velg yang tidak rata dan shock absorber yang kondisinya tak baik bisa menjadi faktor berpengaruh bagi ban Anda. Pastikan dua komponen ini dalam kondisi yang baik.

5. Yang terakhir adalah pemasangan ban. Pastikan ban Anda harus vertikal jadi jalannya pun rata dengan aspal.

Periksa ulang ban Anda ya… Semoga nyaman berkendara.(bewox/123)

~ oleh apbssolid pada Oktober 18, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: